Logo Sabtu, 31 Juli 2021
images

Prof. Adi Utarini, ilmuwan Indonesia paling berpengaruh di dunia tahun 2020. Foto: Indonesia Times

PEWARNA.id - Jurnal ilmiah, Nature, baru-baru ini merilis daftar 10 ilmuwan berpengaruh dunia 2020. Satu dari 10 ilmuwan berpengaruh ini merupakan ilmuwan asal Indonesia. Siapa dia?

Dia adalah Adi Utarini. Biasa dipanggil Prof Uut, dosen yang juga guru besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM.

Perempuan yang akrab disapa Prof. Uut ini merupakan peneliti utama World Mosquito Program Yogyakarta yang telah berhasil menurunkan 77 persen kasus demam berdarah di kawasan Yogyakarta.

"Sungguh melegakan," kata Utarini.

Proyek ini adalah uji coba terkontrol secara acak dengan standar emas dalam penelitian klinis dari pendekatan yang benar-benar baru untuk mengendalikan demam berdarah. Teknik tersebut membiakkan nyamuk Aedes aegypti yang menularkan virus Dengue, Zika, dan chikungunya, sehingga membawa bakteri bernama Wolbachia.

Hasilnya, bakteri menundukkan virus dan mencegah nyamuk menularkannya ke manusia. Telur dari nyamuk yang dimodifikasi kemudian ditempatkan di sekitar kota, seringkali di rumah orang.

Adi Utarini mengaku kaget saat mengetahui masuk dalam daftar 10 ilmuwan berpengaruh dunia versi jurnal Nature.

"Jujur di depan saya agak bingung, sempat kaget kok tahu-tahu bisa muncul di sana, tapi yang jelas rasa syukur yang sangat besar dan itu penghargaan terhadap seluruh tim penelitian Wolbachia," ujar Adi Utarini dikutip Kompas.com, Kamis (17/12/2020). (Sumber: Kompas.com)