Logo Sabtu, 31 Juli 2021
images

Ilustrasi pasangan berpacaran. Foto: kumparan

PEWARNA.id - Bagi sebagian orang yang belum pernah berhubungan seksual, membahas persoalan seks di masa pacaran menjadi hal yang tabu. Padahal, pembicaraan terkait hubungan seks itu penting diketahui sebelum kedua pasangan memutuskan untuk menapaki jenjang selanjutnya.

Seksolog Zoya Amirin mengatakan, banyak pasangan yang setelah menikah kecewa pada hubungan seksual mereka karena tidak sesuai dengan ekspektasi. Hal ini kerap memicu perselisihan di dalam rumah tangga yang tak jarang menyebabkan terjadinya perceraian.

"Banyak orang yang masuk ke pernikahan justru kaget mengetahui fakta dan mitos berhubungan seksual," katanya saat siaran langsung di akun Instagram @finansialku_com, Selasa (20/10/2020).

Selain itu, lanjut dia, pasangan yang ekspektasinya tidak terpenuhi juga tidak akan menikmati hubungan seksual yang mereka lakukan.

"Tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah itu baik, tapi punya pengetahuan tentang seks itu harus," terangnya.

Pengetahuan seks membantu agar pasangan dapat saling memahami perasaan ketika berada di ranjang. Apalagi, orang yang belum pernah melakukan hubungan seksual biasanya cenderung tidak peka dan kaku. Sehingga, pentingnya pengetahuan seks juga membuka ruang berdiskusi untuk menyenangkan pasangannya.

"Kalau dua-duanya belum pernah melakukan seks ya harus berdiskusi dan saling membantu untuk masing-masing merasa nyaman," jelas Zoya. (sumber: kompas.com)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pentingnya Membahas Seks dengan Pacar Sebelum Menikah", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/20/210800620/pentingnya-membahas-seks-dengan-pacar-sebelum-menikah.