Logo Senin, 26 Oktober 2020
images

Gibran Rakabumi, putra Presiden Jokowi. Foto: cermati.com

SOLO - Gibran Rakabuming Raka mengantongi dukungan 'gajah' di Pilkada Solo 2020. Berpotensi hanya menjadi calon tunggal di Pilwalkot Solo, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu pun 'ditantang' kotak kosong.

Pada Pilwalkot Solo 2020, Gibran berpasangan dengan Teguh Prakosa. Keduanya sudah mendapat dukugan dari PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra.

Di Solo, PDIP memiliki kekuatan mayoritas dengan memiliki 30 kursi di DPRD. Dengan tambahan dari Gerindra, Gibran-Teguh sudah mengantongi 33 kursi.

Meski belum resmi, 3 partai lain sudah menyatakan mendukung putra sulung Presiden Jokowi itu. Ketiga partai itu adalah PAN dan Golkar dengan masing-masing 3 kursi di DPRD, serta PS yang memiliki 1 kursi.

Dengan peta politik seperti itu, semakin kecil kemungkinan partai lain mencari lawan untuk Gibran. Semakin besar pula kemungkinan Gibran memenangkan Pilkada Solo dengan mudah.

Hanya PKS yang sudah menegaskan akan menjadi oposisi. Di Solo, PKS hanya memiliki 5 kursi di DPRD sehingga masih kurang 4 kursi lagi untuk bisa mengusung calon.

Di sisi lain masih ada pasangan calon perseorangan yang memproses persyaratan di KPU Solo, yakni Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo). Terkait keberadaan Bajo, sejumlah pihak menudingnya sebagai calon boneka agar Gibran-Teguh tidak melawan kotak kosong.

PDIP pun menyatakan mereka tidak pernah mempermasalahkan ada atau tidak adanya lawan. Partai pimpinan Ketum Megawati Soekarnoputri mengatakan rakyat lah yang berhak menentukan pilihan.

"Apakah ada lawan atau tidak bukan urusan kita. Biar KPU yang menentukan," ungkap Ketua Tim Pemenangan Gibran-Teguh, Putut Gunawan, saat dihubungi detikcom, Selasa (28/7/2020).

Prediksi soal calon tunggal di Pilkada Solo ini juga disampaikan oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini mengungkap ada 31 daerah yang kemungkinan akan memiliki calon tunggal pada Pilkada 2020.

Titi menyebut beberapa nama yang berpotensi kuat menjadi calon tunggal, salah satunya adalah Gibran Rakabuming Raka di Pilwalkot Solo. Kemudian juga ada petahana Adnan Puruchita di Pilbup Gowa.

"Ada Gibran dan Adnan Purichta, potensi kuat calon tunggal," tutur Titi, Rabu (5/8/2020). (SUMBER: DETIK.COM)