Logo Selasa, 25 Februari 2020
images

Para musisi yang akan mengisi acara Musik untuk Republik pada 18-20 Oktober mendatang di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat. Foto: tribunnews.com

TABLOIDPEWARNA.com - Perhelatan akbar panggung musik dan hiburan "Musik untuk Republik" mendapat apresiasi dan pujian dari Rumah Nawacita. Kegiatan yang melibatkan lebih dari 70 musisi papan atas nasional pada Jumat hingga Minggu (18-20 Oktober 2019) mendatang di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat ini dinilai menjadi momentum penting untuk guyubnya kembali rakyat, apalagi dilakukan bersamaan momentum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi-Ma'ruf yang menandai berakhir kompetisi politik lima tahunan.

"Kegiatan 'Musik untuk Republik' ini merupakan perhelatan yang sangat baik, cerdas dan sangat dinantikan oleh rakyat Indonesia. Sudah terlalu lama kita larut dalam nuansa politik yang keras dan tajam. Tentu saja dengan acara 'Musik untuk Republik' ini, kita rakyat Indonesia kembali akrab dan guyub dipersatukan oleh musik yang universal. Kami menyampaikan salut dan apresiasi bagi penggagas dan musisi yang bersedia tampil dalam acara," kata Direktur Eksekutif RUMAH NAWACITA, Raya Desmawanto, MSi didampingi Ketua Dewan Pakar RUMAH NAWACITA, Prof Dr. H. Sufian, MS kepada awak media, Selasa (15/10/2019) di Jakarta.

Raya menegaskan, hiburan musik bersifat universal, tidak diskriminatif dan dapat diterima oleh siapa saja. Pandangan dan pilihan politik dapat melebur dalam melodi musik dan lirik lagu yang membuat emosi rakyat yang tersita begitu banyak mulai dari pilkada Jakarta hingga pilpres 2019 kembali melunak dan membaur.

"Tentu saja, para inisiator kegiatan 'Musik untuk Republik' ini pasti punya misi agar suasana kebangsaan dan suasana sosial antar warga Indonesia kembali pulih. Tidak lagi terpolarisasi pada kutub politik tertentu. Pesta demokrasi sudah selesai. Elit politik pun sudah kembali cair dan saling silaturahmi. Maka, sekarang saatnya rakyat yang kembali merajut silaturahmi. Bahwa kita satu bangsa dan saudara hingga kapanpun, tidak tercerai-beraikan hanya karena urusan politik lima tahunan," tegas Raya yang juga merupakan Ketua Umum/ Pendiri Relawan Jokowi Center Indonesia (RJCI).

Raya menyampaikan apresiasi kepada inisiator kegiatan 'Musik untuk Republik' karena memiliki niatan yang amat mulia untuk memulihkan kembali pergaulan sosial rakyat Indonesia yang dilandasi persaudaraan dan kegotong-royongan. Ia berharap kegiatan ini bisa meriah dan dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat, tanpa lagi membedakan pilihan dan warna politik, aliran, SARA dan perbedaan lain.

"Rumah Nawacita menyampaikan salut atas pelaksanaan kegiatan 'Musik untuk Republik' ini. Apresiasi bukan para penggagas, para musisi, tim kreatif dan pengisi acara. Ini kegiatan yang luar biasa bagi rakyat. Apalagi, tidak ada pungutan untuk menyaksikannya. Jadi, betul-betul ini persembahan para musisi untuk persatuan Indonesia dan juga kepekaan para penggagas acara ini. Semoga acara berlangsung sukses dan Indonesia kembali guyub, damai menuju Indonesia Maju," pungkas Raya. (rls)